Jumat, 08 November 2013

Pengertian dan bagian bagian Kelenjar

Kelenjar merupakan organ tubuh yang yang mensintesa zat untuk di keluarkan ,misalnya hormon ,untuk sekresi ke dalam aliran darah atau ke ruang ruang dalam tubuh maupun luar tubuh.
   Kelenjar terbagi menjadi dua yaitu :
  •  kelenjar endokrin yaitu sistem kontrol kelenjar tanpa saluran (ductless) yang menhasilkan hormon   tersirkulasi tubuh melalui aliran darah untuk mempengaruhi organ organ lain.Hormon bertindak sebagai "pembawa pesan" dan dibawa oleh aliran darah ke berbagai sel dalam tubuh, yang selanjutnya akan menerjemahkan "pesan" tersebut menjadi suatu tindakan. Sistem endokrin tidak memasukkan kelenjar eksokrin seperti kelenjar ludah, kelenjar keringat, dan kelenjar-kelenjar lain dalam saluran gastroinstestin.
  • Kelenjar eksokrin – kelenjar yang mempunyai saluran untuk mengeluarkan produknya atau bermuara pada permukaan apikal. Kelenjar eksokrin bisa dikategorikan lagi dalam 3 jenis:
    • Kelenjar apokrin – bagian dari sel sekresi hilang ketika sekresi berlangsung. Istilah kelenjar apocrine sering dikaitkan dengan kelenjar apocrine keringat walaupun pernyataan ini diduga salah karena metode sekresinya tidak sama.
    • Kelenjar holokrin – seluruh sel hancur ketika sekresi berlangsung.
    • Kelenjar merokrin – sekresi dilakukan dengan eksositosis.
          Kelenjar eksokrin juga dapat dikategorikan menjadi:

                   Kelenjar serosa – produknya bersifat encer dan seringkali kaya protein.
                   Kelenjar mukosa – produknya bersifat kental dan seringkali kaya karbohidrat.
                   Kelenjar minyak – produknya berupa lemak.
 

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Blogroll

Copyright © 2012. Ilmu Kesehatan - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Blog Bamz