Kamis, 08 November 2012

Pengertian Ansietas/cemas




PENGERTIAN
Cemas atau ansietas merupakan reaksi emosional terhadap penilaian dari stimulus. Keadaan emosi ini biasanya merupakan pengalaman individu yang subyektif, yang tidak diketahui secara khusus penyebabnya. Ansietas berbneda dengan takut. Takut adalah penilaian intelektual dari stimulus yang mengancam dan obyeknya jelas. Individu tersebut dapat menggambarkan sumber dari rasa takut. Ansietas dapat merupakan suatu sumber kekuatan dan energinya dapat menghasilkan suatu tindakan yang destruktif atau konstruktif.
Rentang respon ansietas
Rentang respon individu terhadap ansietas berfluktuasi antara respon adaptif dan maladaptif seperti terlihat pada gambar :
Respon adaptif ß-----à Respon Maladaptif


TINGKAT ANSIETAS
Beberapa teori membagi ansietas kedalam emapt tingkat sesuai dengan rentang respon ansietas yaitu :
1. Ansietas ringan
Ansietas ringan berhubungan dengan ketegangan akan kehidupan sehari-hari. Pada tingkat ini lapang persepsi meningkat dan individu akan berhati-hati dan waspada. Pada tingkat ini individu terdorong untuk belajar dan akan menghasilkan pertumbuhan dan ktreativitas.
2. Ansietas sedang
Pada tingkat ini lapang persepsi terhadap lingkungan menurun. Individu lebih memfokuskan pada hal yang penting saat itu dan mengesampingkan hal lain.
3. Ansietas berat
Pada ansietas berat, lapang persepsi menjadi sangat menurun. Individu cenderumng memikirkan hal yang kecil saja dan mengabaikan hal yang lain. Individu tidak mampu berfikir berat lagi dan membutuhkan banyak pengarahan.
4. Ansietas panik
Pada tingkat ini individu sudah tidak dapat mengontrol diri lagi dan tidak dapat melakukan apa-apa lagi walaupun sudah diberi pengarahan.
PENYEBAB      
       Mungkin terdapat predisposisi familial 
       Gejala-gejala berhubungan dengan jenis kepribadian masing-masing 
       Berbagai gejala dan tanda-tanda vegetatif dan sensorimotorik 
       Mungkin merupakan prodromal bagi gangguan psikiatri lainnya 

TANDA DAN GEJALA
       Rasa kuatir subyektif dalam berbagal derajat 
       Kesadaran terhadap realitas tidak terganggu 
       Ketidak-mampuan sosial sering sebagai akibat dan  gejala-gejala 
       Sering terdapat insomnia 
       'Withdrawal' psikososial 
       Berbagal gejala fisik dan psikologik tergantung pada subtipe: hiperventilasi (taki-kardia, parestesia, sinkope kelelahan dan lain-lain); gejala gastrointestinal (dispepsia, diare); gejala vegetatif (berkeringat, ketegangan otot meningkat, penglihatan kabur); hipokondriasis (fobia gejala obsesif tentang kesehatan  
PENGOBATAN
       Obat ansiolitik pada fase akut 
       Psikoterapi secara pribadi, kelompok dan/atau keluarga 

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Posting Baru
 

Blogroll

Copyright © 2012. Ilmu Kesehatan - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Blog Bamz