Senin, 04 November 2013

Defenisi Metabolisme Pada makhluk hidup



Anda pasti tidak asing dengan istilah metabolisme. Berkali-kali kata ini disebut-sebut ketika berkaitan dengan pertumbuhan suatu makhluk hidup. Lalu, sebenarnya apa yang dimaksud dengan metabolisme? Metabolisme adalah sebuah proses. Proses yang terjadi dalam tubuh makhluk hidup.
Metabolisme sebenarnya bukan istilah asing. Dalam artian, sudah banyak didengar oleh masyarakat awam. Meskipun mungkin sebagian dari mereka tidak mengetahui betul definisi tentang metabolisme, yang jelas istilah ini menjadi kata yang tidak asing bagi telinga mereka.
Secara keilmuan, istilah metabolisme ini akrab di kalangan mereka yang meneliti tentang kehidupan beragam mahkluk hidup, atau sebutan umumnya adalah Biologi. Para ahli Biologi, baik peneliti maupun mereka yang bertugas untuk menyampaikan ilmu ini pada anak didiknya, menjadi pihak yang mengetahui betul tentang penjelasan metabolisme ini.
Karena istilah ini benar-benar istilah yang paling mendasar dalam bidang ilmu tersebut. Sehingga, sangat ganjil jika di antara mereka tidak ada yang bisa menjelaskan tentang pengertian metabolisme. Pengetahuan tentang metabolisme ini ikut disampaikan bersamaan dengan bagaimana makhluk hidup tersebut dapat hidup. Jadi? Bukankah metabolisme merupakan sebuah materi yang sangat lumrah untuk dikuasai?!
Berbicara tentang metabolisme, sama saja membicarakan proses secara keluruhan, proses secara umum. Bahwa kehidupan ini tidak akan berjalan tanpa suatu alasan. Di dalam kehidupan itu sendiri terdapat banyak sekali proses. Sebuah proses yang membuat hidup tambah hidup. Hal yang membuat sesuatu berjalan dengan semestinya adalah proses. Perjalanan menuju sesuatu, dan yang pasti, bertujuan untuk hal-hal baik.
Kehidupan makhluk hidup, khususnya manusia memang tidak luput dari sebuah proses dalam kehidupannya. Bahkan dirinya sendiri juga merupakan bagian dari sebuah proses. Bukan hanya itu, di bagian dalam tubuh manusia juga terjadi sebuah proses. Proses itulah yang secara sederhana boleh diartikan sebagai metabolisme. Sebuah proses yang memiliki nilai cukup penting dalam kehidupan manusia.

Pengertian Metabolisme

Ada beberapa pengertian tentang metabolisme. Semua mengarah pada satu “tujuan”. Yakni proses. Bahwa metabolisme adalah sebuah rangkaian reaksi bersifat kimia yang terjadi dalam tubuh makhluk hidup. Reaksi ini terjadi sebagai “modal” makhluk hidup untuk mempertahankan kehidupannya.
Ada juga pengertian lain tentang metabolisme. Metabolisme adalah sebuah aktivitas yang terjadi pada setiap makhluk hidup. Selain itu, ada juga yang menyimpulkan jika metabolisme merupakan sebuah reaksi bersifat kimia yang terjadi di dalam sel tubuh manusia. Pengertian yang terakhir ini mencakup dua pengertian dari metabolisme yang sebelumnya.
Jadi, sudah dapat disimpulkan bukan mengenai apa yang dimaksud dengan metabolisme? Bahwa kurang lebih metabolisme merupakan sebuah proses kimia yang memegang peranan penting bagi pertumbuhan sel-sel yang menjadi bagian dari makhluk hidup. Ketika proses ini tidak terjadi sebagaimana mestinya, sel-sel tidak dapat tumbuh dengan sempurna.
Karena, proses metabolisme memungkinkan serangkaian organism yang ada di dalam tubuh makhluk hidup berkembang. Metabolisme juga berperan untuk menjaga keutuhan struktur dari sel-sel tersebut dan merespon lingkungan yang ada di sekitar tempat tumbuhnya sel.
Jika yang dibicarakan adalah sel tubuh milik manusia, maka proses metabolisme bergantung dari asupan makanan dalam tubuh. Berbagai bahan makanan tersebut menghasilkan sebuah proses kimia yang nantinya akan digunakan sebagai “pupuk” bagi tumbuhnya sel-sel yang ada di dalam tubuh.
Maka dari itu, proses metabolisme dalam tubuh manusia sangat bergantung pada makanan yang dikonsumsi. Semakin bagus, baik kandungan yang terdapat dalam makanan, tubuh akan semakin sehat karena proses metabolisme terjaga dengan baik. Sel-sel tubuh dapat tumbuh dengan sempurna dan berimbas baik bagi kesehatan dan pada akhirnya kehidupan.
Reaksi kimia yang terjadi pada proses metabolisme, akan mengubah zat-zat yang masuk menjadi sebentuk zat lain. Zat lain itulah yang nantinya berperan dalam pertumbuhan sel-sel yang ada. Seperti misalnya, sebuah nutrisi bertemu dengan nutrisi lain dan membentuk sebuah senyawa baru. Senyawa itulah yang nantinya menjadi hal yang dibutuhkan oleh tubuh. Kurang lebih seperti itu.

Kategori Metabolisme

Dalam prosesnya, metabolisme dibedakan menjadi dua kategori. Yakni, katabolisme dan anabolisme. Kedua kategori tersebut pastinya memiliki beberapa perbedaan. Dalam hal ini, katabolisme berperan untuk memecah bahan-bahan organic. Penjelasan sederhananya, katabolisme merupakan proses menguraikan molekul dengan sifat yang rumit, menjadi komponen yang jauh lebih sederhana. Contohnya adalah proses yang terjadi pada respirasi.
Berbeda dengan katabolisme, anabolisme merupakan sebuah proses membentuk molekul rumit atau kompleks yang datangnya dari molekul dengan sifat lebih sederhana. Misalnya saja, proses yang terjadi pada fotosintetis. Molekul sederhana dalam hal ini cahaya matahari diubah menjadi sebuah molekul rumit melalui proses.
Berdasarkan kategori anabolisme, beberapa molekul yang ada memiliki peran untuk membangun komponen-komponen sel yang bermanfaat. Terutama berkaitan dengan tubuh manusia. Komponen tersebut antara lain protein dan asam nukleat. Kedua komponen tersebut tentu saja memiliki peran yang cukup besar bagi kesehatan.
Pada umumnya, apa yang dihasilkan dalam proses berkategori anabolisme adalah senyawa awal untuk proses dalam kategori katabolisme. Penyebabnya adalah sel merupakan tempat terjadinya sebagian besar metabolisme.
Proses masuk dan keluarnya zat kimia dalam sel memiliki sebuah arti yang cukup penting. Arti tersebut berkaitan dengan keseimbangan energi dan materi yang ada dalam tubuh yang harus tetap terjaga. Kemudian, apa yang dihasilkan oleh proses metabolisme, hampir selalu menjadi senyawa yang memulai tahapan pada reaksi yang berikutnya.

Proses Metabolisme

Pertanyaan seperti ini bisa jadi langsung terlintas di benak Anda. Bagaimana persisnya sebuah proses metabolisme bekerja? Ketika terjadi sebuah reaksi kimia akibat proses metabolisme tersebut, hasil reaksinya akan berada dalam jalur yang disebut metabolic. Pada jalur ini, unsur-unsur kimia yang ada diubah menjadi elemen-elemen kimia.
Dalam proses ini, adalah enzim yang juga tak kalah memegang peran yang penting. Perubahan langkah demi langkah yang dialami oleh unsur kimia dalam tubuh juga diurutkan berdasarkan enzimnya. Enzim menjadi sebuah energi, memungkinkan reaksi yang dihasilkan oleh unsur kimia untuk berproses. Enzim juga memungkinkan terjadinya sebuah regulasi pada jalur metabolic ketika menanggapi adanya perubahan pada sel.
Dengan kata lain, metabolisme adalah proses yang menentukan apakah zat tersebut berguna untuk pertumbuhan atau tidak. Bergizi ataukah beracun. Sehingga, benar saja jika proses ini memiliki peran yang sangat besar bagi kehidupan makhluk hidup. Jika proses metabolisme terganggu, maka secara keseluruhan, kelancaran proses lain dalam tubuh juga akan ikut terganggu.
Sederhananya, enzim bertugas untuk melancarkan proses metabolisme itu sendiri. Reaksi kimia menjadi bereaksi lebih cepat sehingga dapat menghasilkan senyawa ATP serta senyawa lain. senyawa tersebut nantinya “menyumbang” energi pada proses-proses dalam metabolisme seperti fotosintesis, respirasi, sintesis protein, kemosintesis, dan lemak.

Proses Metabolisme Sebagai Pengubah Racun

Racun merupakan zat yang jelas tidak dibutuhkan oleh tubuh. Masuknya zat ini ke dalam tubuh tidak selamanya dilakukan dengan sengaja, sebagian besar malah justru tidak sengaja, alias keracunan. Dan tahukah Anda bahwa proses metabolisme ini bisa mengubah zat beracun menjadi senyawa yang sama sekali tidak beracun?
Bukan hanya mengubahnya menjadi tidak beracun, metabolisme dapat mengeluarkan racun tersebut dalam tubuh. Secara ilmiah, proses keluarnya racun dalam tubuh disebut juga detoksifikasi. Peran proses metabolisme yang lainnya ini tentu semakin membuat proses ini berpredikat penting. Menjaga agar metabolisme tetap stabil adalah dengan menerapkan gaya hidup dengan cara sehat.
Dapat disimpulkan bahwa proses metabolisme adalah sebuah proses yang membantu tubuh untuk mengolah aneka zat yang masuk ke dalam tubuh. Hasil akhir dari pengolahan tersebut nantinya berperan dalam membentuk identitas kesehatan tubuh. Jika proses metabolime berjalan lancar, tubuh akan jauh lebih merasa sehat dan bugar. Jika tidak, rasakan saja sendiri!

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Blogroll

Copyright © 2012. Ilmu Kesehatan - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Blog Bamz