Selasa, 08 Oktober 2013

Cara Kerja Jantung Pada tubuh Manusia

Disaat jantung berdenyut cara kerja jantung pada tiap-tiap ruangnya mengendur dan terisikan oleh darah, hal tersebut disebut dengan diastol. Setelah itu jantung berkontraksi serta memompa darah untuk  keluar dari ruangan jantung  tersebut yang disebut sistol. Kedua serambi tersebut mengalami pengenduran dan kontraksi secara seksama dan kedua biliknya pun juga mengendur serta mengalami kontraksi secara bersamaan.
Oksigen yang habis pada darah serta banyaknya karbondioksida atau darah kotor yang terkandung di dalamnya yang mengalir lewat dua vena terbesar yaitu vena kava menuju ke atrium kanan. Dan sesudah atrium kanan telah terisi darah, maka ia akan mendorongnya ke ventrikel kanan lewat katup trikuspidalis. Darah yang berasal dari ventrikel sebelah kanan tersebut akan segera dipompa lewat  katup pulmoner ke bagian dalam arteri pulmonalis untuk menuju ke organ paru-paru. Lalu darah pun akan segera mengalir lewat pembuluh yang begitu kecil yang disebut pembuluh kapiler. Pembuluh kapiler tersebut akan berkeliling di bagian kantong udara paru-paru, lalu menyerap oksigen, dan melepaskan karbondioksida selanjutnya baru dialirkan kembali ke dalam jantung.
Di dalam darah yang kaya dengan oksigen tersebut lalu mengalir di bagian dalam vena pulmonalis dan menuju ke bagian atrium kiri. Cara Peredaran darah Jantung  antara jantung bagian kanan, paru-paru serta atrium kiri merupakan cara kerja jantung yang disebut dengan sirkulasi pulmoner dikarenakan darah tersebut dialirkan ke dalam paru-paru. Darah di dalam atrium kiri tersebut akan didorong ke bagian ventrikel kiri lewat katup bikuspidalis/mitral, selanjutnya darah bersih ini akan terpompa lewat katup aorta lalu masuk ke bagian dalam aorta yang merupakan arteri terbesar di dalam tubuh. Darah ini lalu dialirkan ke seluruh tubuh, kecuali paru-paru. Itulah gambaran cara kerja jantung manusia yang prosesnya begitu rumit.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Blogroll

Copyright © 2012. Ilmu Kesehatan - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Blog Bamz