Minggu, 07 Juli 2013

Bagian-Bagian Pada Ginjal


Ginjal manusia bentuknya seperti biji kacang merah. Terletak di dalam rongga perut bagian belakang, di sebelah kanan kiri tulang pinggang, sehingga sering disebut buah pinggang. Ginjal sebelah kanan sedikit lebih rendah karena terdesak oleh hati. Setiap ginjal panjangnya 6 – 7½ sentimeter dan tebal 1½ – 2½ sentimeter. Pada orang dewasa beratnya kira-kira 140 gram. Perhatikan Gambar 1.1 yang memperlihatkan letak ginjal di rongga perut!
Letak ginjal di dalam rongga perut bagian belakang di sebelah kanan kiri tulang pinggang
Gambar 1.1 Letak ginjal di dalam rongga perut bagian belakang di sebelah kanan kiri tulang pinggang
Apabila sebuah ginjal dipotong secara melintang maka akan tampak tiga lapisan. Ginjal terdiri atas kulit ginjal, sumsum ginjal, dan rongga ginjal. (lihat Gambar 1.2).
ginjal2
Gambar 1.2 Potongan melintang ginjal Sumber: www.muis.gov.sg
Secara umum struktur ginjal terdiri atas tiga bagian seperti berikut ini:
1) Kulit ginjal (korteks)
Pada bagian korteks atau kulit ginjal terdapat glomerulus dan simpai Bowman.Glomerulus dan simpai Bowman membentuk kesatuan yang disebut Badan Malpighi.Pada bagian inilah proses penyaringan darah dimulai. Badan malpighi merupakan awal dari nefron. Nefron adalah satuan struktural dan fungsional ginjal (lihat Gambar 1.3). Tiap ginjal tersusun oleh kira-kira 1 juta nefron. Dari badan Malpighi terbentuk saluran yang menuju bagian medula (sumsum ginjal).
2) Rongga ginjal (pelvis renalis)
Di rongga ini bermuara saluran pengumpul. Dari rongga tersebut, urine keluar dari saluran ureter menuju vesika urinaria (kandung kemih). Dari kandung kemih, urine keluar tubuh melalui saluran uretra.
ginjal3
Gambar 1.3 Nefron adalah satuan struktural dan fungsional ginjal 
3) Sumsum ginjal (medula)
Medula (sumsum ginjal) tersusun atas saluran-saluran yang merupakan kelanjutan badan malphigi dan saluran yang ada di bagian korteks. Pelvis renalis atau rongga ginjal berupa rongga yang berfungsi sebagai penampung urine sementara sebelum dikeluarkan melalui ureter.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Blogroll

Copyright © 2012. Ilmu Kesehatan - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Blog Bamz